Judul ini terinspirasi dari lagu Maudy Ayunda, Tiba-tiba Cinta Datang. Kebetulan baru saja saya dengar di radio (recency effect) :)

SINTA dalam judul ini adalah Science and Technology Index. Dua buah jurnal baru saja memperoleh Akreditasi dari ARJUNA (Akreditasi Jurnal Ilmiah, Kementerian Ristek/BRIN), dari yang sebelumnya Tidak Berakreditasi menjadi Peringkat SINTA 2 (catatan: Peringkat tertinggi adalah SINTA 1).

Kedua jurnal ilmiah tersebut adalah:

Aspirasi: Jurnal Masalah-masalah Sosial

Syukurlah, saya terlibat sebagai Anggota Dewan Penyunting (Editorial Board) dari jurnal besutan (asuhan) DPR RI ini.

Image for post
Image for post

Integritas: Jurnal Antikorupsi

Syukurlah, saya terlibat sebagai Anggota Mitra Bestari (Reviewer Board) dari jurnal besutan (asuhan) KPK RI ini.


Mengenai kepengaran karya ilmiah/karil, saya bicarakan pada 20 Januari 2021. Saya menyampaikan tentang perbedaan (dan juga irisan) antara Authorship dan Contributorship. Bahwa belum adanya kesepakatan akan hal ini akan menimbulkan “kekacauan” dalam dunia akademik kita; sampai-sampai seorang kolaborator dapat bertukar posisi dengan seorang plagiator.

Berikut ini adalah tautan materinya:

Membaca dan Menulis di Jurnal Ilmiah: Siapakah Pengarang — Siapakah Kontributor?

Berikut ini adalah flyer dari kegiatan ini:

Image for post
Image for post

Pada 23 Desember 2020, saya berbicara dalam sebuah forum bertajuk Darurat Plagiat. Saya berbicara khusus mengenai apa dan bagaimana ANJANI (Anjungan Integritas Akademik).

Berikut adalah tautan materinya:

Ini adalah flyer dari kegiatan ini:

Image for post
Image for post

Mengenai Integritas Akademik, sebenarnya sudah saya bicarakan juga jauh hari sebelumnya, sepanjang 2019, ketika mendapat penugasan dari Kementerian RistekDikti.

Berikut ini adalah tautan materinya:

Di samping itu, pada 3 Juli 2020, saya berbicara hal yang lebih luas lagi, yakni Isu Etika dalam Penelitian, di mana saya menekankan tentang pentingnya penyelesaian dilema etis secara rasional sebagai bagian dari Pendidikan Etika.


Image for post
Image for post

Meeting Tim International Scientific Committee Association of Behavioural Researchers on Asians/Africans (ABRA) atau Persatuan Penyelidik-Penyelidik Perilaku Orang Asia/Africa, 16 Desember 2020.


Image for post
Image for post

Kami berdiskusi dengan Subdit Fasilitasi Publikasi Ilmiah, Kementerian Ristek/BRIN, pada 15 Desember 2020, mengenai sebuah program nasional dari Jurnal Anima, Fakultas Psikologi, Universitas Surabaya, di mana saya merupakan salah seorang anggota editorial board-nya.

Diantaranya, kami memperkenalkan mode publikasi ilmiah berupa Registered Report serta perkembangan global dalam dunia publikasi ilmiah yang berpotensi diadaptasikan di Indonesia.

Update: Tanggal 22 Desember 2020

Pelaksanaan model proses publikasi, dihadiri oleh sejumlah pengelola jurnal ilmiah dan Ristek/BRIN.


… Belajar dari Prof. Dr. Michael Sastrapratedja, S.J., atau yang dikenal sebagai Romo Sastro, 14 Desember 2020, via MS Teams.

Image for post
Image for post

Mengarusutamakan Sains Terbuka dalam Pendidikan Tinggi Indonesia

Pada Selasa, 24 November 2020, Tim Sains Terbuka Indonesia memperoleh kesempatan beraudiensi dengan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Ir. Nizam, M.Sc., Ph.D., IPM., ASEAN Eng. melalui Zoom.

Tim Sains Terbuka Indonesia menyampaikan sejumlah gagasan guna mengarusutamakan sains terbuka dalam perilaku riset dan publikasi dari dosen dan peneliti di peguruan tinggi Indonesia, termasuk urgennya edukasi (pendidikan) sains terbuka sejak dini kepada para mahasiswa, serta perlunya strategi nasional untuk komunikasi sains lokal yang lebih percaya diri. …

Juneman Abraham

Psikolog Sosial Indonesia \ Peneliti Psikoinformatika dan Psikologi Korupsi \ Sains Terbuka \ Blog: juneman.me

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store