Panduan Layanan Psychological First Aids (PFA)/Pertolongan Psikologis Pertama — Jarak Jauh

Pengantar

Wabah COVID-19 telah mengambil perhatian dan kekhawatiran masyarakat di seluruh dunia. Banyak orang telah dan akan mengalami kekhawatiran dan ketakutan. Kekhawatiran dan ketakutan akan berbeda-beda tergantung pada seberapa besar tingkat terdampak dirasakan. Orang yang secara langsung terdampak oleh virus mungkin akan lebih panik, takut dan khawatir.

Psychological First Aids Jarak Jauh

Dalam konteks COVID-19, percakapan antara yang membantu dan orang yang dibantu dilakukan menggunakan telepon atau media daring untuk menghindari penyebaran virus. Pengecualian untuk hal ini adalah PFA yang dilakukan di antara tenaga kesehatan atau pekerja yang berada di garis depan.

Prinsip-prinsip Tindakan PFA

Pihak yang membantu akan menggunakan prinsip tindakan PFA, yaitu Look (Lihat), Listen (Dengar) dan Link (Hubungkan), saat menawarkan dukungan jarak jauh.

Tetapkan opsi-opsi panggilan dan bersiaplah untuk mendukung

HIMPSI dan pihak lain yang bekerjasama dengan HIMPSI dapat menjalankan berbagai jenis layanan panggilan:

Melakukan asesmen kebutuhan dan perencanaan

Prinsip Look dalam kaitannya dengan penilaian kebutuhan:

Asesmen kebutuhan yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

Merencanakan dukungan jarak jauh

Ada beberapa masalah yang perlu dipertimbangkan selain dari kepraktisan seperti memilih saluran komunikasi yang paling tepat, menetapkan jam buka, dan bagaimana menyebarkan informasi tentang layanan. Ruang yang dipergunakan harus memungkinkan untuk keselamatan dan privasi yang dibutuhkan kedua belah pihak, hal itu berlaku juga untuk bantuan yang diberikan dari rumah. Yakinkan bahwa alat komunikasi yang digunakan adalah aman dan mudah digunakan serta memungkinkan waktu yang cukup untuk pemecahan masalah teknis. Jalur rujukan harus ditetapkan, perekrutan staf dan sukarelawan yang membantu harus dilakukan, pelatihan dan pengawasan terhadap orang yang memberikan PFA dilakukan sebelum memulai layanan. Jika relawan spontan terdaftar, pastikan mereka juga mendapatkan PFA jarak jauh (remote PFA) ini, misalnya yang tersedia dalam situs web HIMPSI.

Menanggapi Panggilan Bantuan

PFA dapat ditawarkan baik melalui alat komunikasi yang memungkinkan untuk kontak visual atau hanya auditif. Ketika menggunakan PFA tanpa kontak visual, sangat penting untuk berbicara secara perlahan, jelas, dan tenang, berkomunikasi dengan empati dan kehangatan melalui memodulasi suara dengan cara yang menunjukkan perhatian. Mendengarkan penuh perhatian dengan seluruh jiwa raga dan menunjukkan mendengarkan dengan menggunakan suara afirmatif. Pahami perasaan orang yang sedang dibantu dan mengerti peristiwa yang mereka alami dan berikan ventilasi (jalan keluar) frustrasi. Jika berbicara orang yang sangat khawatir, penting untuk menciptakan rasa tenang dan aman dengan menggunakan nada suara yang tenang. Jika kontak visual digunakan, visual sederhana dapat dibuat dan diberikan untuk mendukung pesan psikoedukatif.

Prinsip Mendengarkan saat menerima panggilan

LISTEN merujuk pada bagaimana orang yang membantu:

Frase psikososial penting yang menunjukkan minat dan empati

• Saya memahami kekhawatiran Anda dan kebanyakan orang berpikir hal yang sama tentang situasi tersebut …

Langkah-langkah dalam menjawab panggilan

Membuka percakapan dan mendengarkan kebutuhan

• Perkenalkan diri Anda kepada orang yang memanggil, dengan menyebutkan nama, organisasi, dan posisi Anda.

Dengarkan kebutuhan emosional dan praktis

• Jika penelepon khawatir, galilah apa yang secara spesifik orang itu khawatirkan dan apa yang mereka perhatikan.

Teknik menenangkan

Jika penelepon membutuhkan bantuan dengan teknik menenangkan, sarankan latihan pernapasan dan relaksasi untuk mengurangi kekhawatiran dan untuk menenangkan diri. Beri tahu penelepon, bahwa pikiran jernih saat fokus pada di sini dan sekarang (here and now). Sarankan mereka mulai dengan lembut dengan memperhatikan napas masuk dan keluar, merasakannya di hidung atau mulut dalam perjalanan dan merasakan bagaimana mengisi paru-paru dan terus ke perut, dada dan punggung bawah.

Nasihat untuk orang yang terisolasi atau dikarantina

Mungkin bermanfaat untuk menawarkan saran berikut kepada mereka tidak dapat pergi kemana-mana, bekerja dari rumah, dalam isolasi atau karantina

Menghubungkan, merujuk, dan mengakhiri panggilan

LINK merujuk pada bagaimana orang yang menggunakan PFA membantu dalam:

Dos dan Don’ts saat menawarkan PFA

Do’s

Referensi dan Materi Pendukung

IFRC Reference Centre for Psychosocial resources:

--

--

Psikolog Sosial | Peneliti Psikoinformatika & Psikologi Korupsi | Sains Terbuka | Blog: http://juneman.blog.binusian.org and http://junemanblog.wixsite.com/blog

Love podcasts or audiobooks? Learn on the go with our new app.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store