Update Kegiatan: Dari Psikologi, Korupsi, hingga Sinologi

Juneman Abraham
5 min readMay 1, 2024

Halo… Sudah lama saya tidak memutakhirkan isi blog di Medium ini.

Perkenankan saya untuk menyampaikan sejumlah update kegiatan, di samping yang saya sampaikan di http://juneman.blog.binusian.org dan http://juneman.me

Pada 30 April 2024, saya menerima kunjungan Prof. Xu Baofeng dari Beijing Language Culture University, yang juga merupakan Ketua World Council of Sinologists (Chinese Studies).

Pada 3 April 2024 (pagi), saya dan Mba Bivitri Susanti (dari Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Jentera) membuat podcast bersama BINUS TV bertajuk Korupsi Ilmu dan Generasi yang Tersesat: Tayangan Youtube; Instagram.

Dalam kesempatan tersebut, saya juga menyerahkan buku saya berjudul “Melawan Korupsi Ilmu: Trajektori Sains Terbuka dan Psikoinformatika”.

Pada 3 April 2024 (siang), saya menyampaikan materi Seminar Tips Publikasi Berkualitas untuk Website Organisasi Kemahasiswaan BINUS University 2024.

Pada 1 April 2024, saya menerima kunjungan Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisan LEMDIKLAT Kepolisian Negara RI. Sebelumnya, kami memang sudah menjalin hubungan dengan Polri bahkan Bharasian.

Pada 28 Maret 2024, saya menjadi juri karya ilmiah Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) BINUS University Tahun 2024. Aurelia Bianca Hanjaya terpilih sebagai Mawapres BINUS untuk kemudian berjuang di ajang PILMAPRES Puspresnas (Pusat Prestasi Nasional) Kemdikbudristek.

Pada 4–5 Maret 2024, saya mendampingi Rektor BINUS University, Ibu Dr. Nelly, serta Direktur Kampus BINUS@Malang, Dekan BINUS Business School, dan Ketua Prodi, dalam rangka Assesmen Lapangan LAMEMBA (Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntans) Prodi Kewirausahaan Malang; sekaligus saya menutup secara resmi kegiatan ini pada hari kedua.

Telah diumumkan pada awal Mei 2024, bahwa Prodi ini memperoleh Akreditasi Unggul. Selamat! :)

Pada 21 Maret 2024, saya turut mengukuhkan kolaborasi antara BINUS University dan Rumah Sakit An-nisa untuk penelitian di bidang kesehatan.

Pada 18 Maret 2024, saya menjadi saksi ahli dalam Sidang Sengketa Informasi Pemilu 2024 di Komisi Informasi Pusat (KIP).

Liputan, diantaranya: KIP Sidangkan KPU, Pihak Pemohon Hadirkan Empat Ahli

Pada 15 Maret 2024, saya turut memperkuat kerja sama antara BINUS University dengan Apple Developer Academy.

Pada 14 Maret 2024, kami mengundang Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) untuk berbagi tentang skema-skema hibah penelitian.

Dalam kesempatan itu, saya menyerahkan buku saya yang berjudul “Melawan Korupsi Ilmu: Trajektori Sains Terbuka dan Psikoinformatika”.

Pada 29 Februari 2024, saya menjadi narasumber Indonesia Research Summit yang diselenggarakan oleh Editage. Saya berbicara khusus tentang dampak riset.

Sejumlah liputan, sbb:

Jangan Cuma Go Internasional, Jurnal Ilmiah Mesti Bermanfaat bagi Masyarakat Indonesia.

Jurnal Ilmiah Abal-abal Bertebaran.

Publikasi Ilmiah Mesti Kembangkan Iptek dan Pembangunan.

Pada 27 Februari 2024, saya berpartisipasi dalam diskusi pengembangan jurnal ilmiah di lingkungan Komisi Pemberantasan Korupsi.

Pada 30 Januari 2024, sebagai Editor-in-Chief ANIMA Indonesian Psychological Journal, menghadiri persiapan IACCP (The XXVII International Congress Of The International Association For Cross — Cultural Psychology) yang diselenggarakan oleh Psikologi Universitas Brawijaya. Dalam hal ini, ANIMA merupakan partner outlet publikasi IACCP.

--

--